Manajemen adalah hal yang penting untuk setiap orang karena akan berguna untuk kehidupannya. Manajemen harus dipraktekkan agar bisa memikirkan apa yang menjadi prioritasnya. Selain itu, ada pula unsur manajemen yang tidak boleh dilewatkan. 

Setiap unsur dari manajemen membuat Anda bisa memahami bagaimana penerapan aspek ilmu ini di berbagai bidang. Dengan demikian, tujuan yang diharapkan ketika menerapkannya dapat tercapai. Simak penjelasan pengertian unsur manajemen dan 6 unsurnya. 

Pengertian Unsur Manajemen 

Sebelum masuk ke unsur manajemen, perlu diketahui dulu pengertian manajemen. Sesuai asal katanya, pengertian manajemen adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris “manage” yang artinya mengelola, memimpin, atau mengatur.

Jadi, pada prinsipnya pengertian unsur manajemen adalah aspek-aspek yang berguna untuk mengatur berbagai hal agar jadi rapi atau terstruktur. 

Pengertian unsur manajemen adalah tindakan untuk membuat sekumpulan orang bisa mencapai tujuannya atau sesuai dengan target. 

Pengertian manajemen juga dapat diartikan sebagai cara untuk mengelola sumber daya yang ada  dengan baik sehingga tercipta pengaturan yang efisien dan efektif. Jadi, manajemen diperlukan untuk kebutuhan manusia sehari-hari. 

Tidak hanya itu, manajemen juga akan membantu dalam menjalankan perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai dan pekerjaan berlangsung dengan baik. 

Mulai petualangan akademismu dengan beasiswa penuh S1 Manajemen Bisnis di PPM School. → Di sini

Unsur Manajemen yang Perlu Diketahui 

Unsur dari kegiatan manajemen yang penting untuk diterapkan dalam perusahaan terdiri dari 6 aspek atau yang lebih dikenal dengan 6 M. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya. 

1. Man (Manusia) 

Manusia adalah unsur yang krusial terutama dalam memajukan perusahaan. Setiap perusahaan pasti memerlukan sumber daya manusia yang unggul agar target tercapai. 

Manajemen dalam bidang manusia mencakup semua hal yang bisa mendatangkan kemajuan usaha. 

Berdasarkan Encyclopedia Britannica, manusia dibutuhkan untuk melakukan pengoperasian sehingga memiliki peran yang penting. Setiap orang juga punya sifat dan karakter yang beragam sehingga manajemen ini menjadi diperlukan untuk mendapatkan hasil optimal. 

Dengan manajemen manusia, membuat SDM yang ada dapat menyalurkan idenya dengan baik sehingga perusahaan menjadi lebih maju. 

Selain itu, pengaturan manusia di lingkungan kerja bisa menghasilkan tempat yang nyaman dan kondusif karena semua memiliki tugasnya masing-masing. 

2. Money (Uang) 

Uang adalah hal penting dan perlu dilakukan manajemen. Uang adalah unsur yang menjadi landasan dari setiap aktivitas yang dijalankan. Oleh sebab itu, pengaturannya perlu dilakukan dengan baik agar dapat menghasilkan pengeluaran yang efektif dan efisien.

3. Material (Bahan) 

Bahan ini merupakan unsur yang mendukung kegiatan. Pemilihan bahan atau materials ini juga perlu dipikirkan dengan bijak agar tidak ada material yang tersisa atau tidak diperlukan. 

Selain itu, manajemen material diperlukan agar bisa memilih bahan yang tepat dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Pilihlah bahan dari supplier atau pemasok yang sudah memiliki reputasi yang baik agar nantinya bahan tersebut dapat menghasilkan produk yang baik pula. 

Selain itu, lakukan perencanaan stok bahan yang diperlukan serta catatan keuangan berapa modal yang dikeluarkan untuk mendapatkan bahan tersebut. 

4. Machine (Mesin) 

Mesin adalah alat yang digunakan untuk membuat hasil produksi. Mesin ini biasanya dalam bentuk peralatan atau sistem teknologi yang mendukung agar menghasilkan barang. 

Manajemen mesin diperlukan untuk memilih alat yang efektif untuk produksi, dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sampai dengan harga ekonomis. Jangan lupa bahwa setiap mesin memerlukan perawatan agar dapat bertahan lama. 

Oleh sebab itu, kelola juga bagaimana standar operasional dari mesin agar SDM yang menggunakannya dapat mengoperasikan dengan baik dan tidak asal-asalan. Manajemen mesin dalam hal jangka waktu perawatan juga harus rutin dilakukan. 

5. Method (Metode)

Metode adalah hal yang penting dan juga krusial untuk menjadi landasan dari berdirinya suatu usaha. Adanya metode ini berguna untuk memastikan kegiatan dari manusia sesuai dengan prosedur yang standar dalam bekerja. 

Buatlah metode yang bersifat menyeluruh, efektif, dan mudah dipahami agar pekerjaan yang nantinya dijalankan menjadi lebih mudah. 

Contohnya adalah membuat peraturan tentang jam istirahat karyawan yang bermanfaat untuk merefresh pikiran sehingga dapat bekerja lebih baik setelahnya. 

6. Market (Pasar) 

Unsur yang terakhir adalah pasar yang meliputi strategi, pengendalian, perencanaan yang berkaitan dengan pemasaran atau promosi. Adanya teknik pemasaran yang baik akan membantu dalam meningkatkan jumlah penjualan barang atau jasa. 

Oleh sebab itu, penting menyusun pemasaran apa yang efektif agar konsumen bisa tertarik. Rencanakan strategi yang bisa menjangkau konsumen secara luas tetapi tidak mengeluarkan modal yang besar. 

Untuk bisa tepat sasaran ketika menjual produk, ketahui terlebih dahulu apa kelebihan dari produk, untuk siapa produk tersebut dibuat, dan produk tersebut dapat menjawab kebutuhan mereka. 

Manfaat Unsur Manajemen 

Adanya unsur dalam manajemen diatas dapat berguna dalam banyak hal, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Manajemen ini sangat diperlukan untuk mencapai tujuan baik untuk pribadi maupun organisasi.
  • Berguna untuk mendapatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan usaha atau bekerja. 
  • Setiap unsurnya harus dipenuhi dengan baik karena memiliki hubungan yang erat. Jika salah satunya tidak dijalankan maka dapat mempengaruhi unsur lainnya sehingga tujuan bisa tidak tercapai. 
  • Dapat membuat perencanaan yang cerdas agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. 
  • Mudah dalam pengawasan dan untuk jangka panjang karena jika awalnya sudah diatur dengan baik, maka pelaksanaan nantinya akan lebih mudah dilakukan. 

Kesimpulan 

Itulah beberapa pengertian unsur manajemen yang perlu dipahami dengan baik sehingga bisa menerapkan semua bagian-bagian tersebut dengan baik. Setiap unsur saling terkait sehingga seluruhnya perlu dilakukan agar bisa memanage semua usaha dengan mudah.