Transferable skills adalah kemampuan yang telah kamu pelajari sepanjang hidup yang nantinya akan berguna dalam pekerjaan. Kemampuan ini bisa dikatakan cukup relevan untuk berbagai profesi dan tempat kerja. Kemampuan ini dapat dikembangkan dan di bawa saat kamu melalui jalur karier yang baru. 

Meskipun seringkali tidak tertera dalam deskripsi kualifikasi pekerjaan, namun memiliki keterampilan ini merupakan hal yang wajib karena mampu mendukung kesuksesan karier dalam hidup. Dengan memiliki kemampuan tersebut, kamu akan terbiasa dengan perubahan yang terjadi dan mampu beradaptasi dengan cepat. 

Konsep Dan Definisinya

Transferable skills yang dimiliki seseorang bisa bermanfaat bagi perusaha di berbagai industri maupun pekerjaan. Keterampilan tersebut dapat digunakan untuk memposisikan pengalaman masa lalu yang dimiliki seseorang untuk dapat diterapkan pada pekerjaan baru ketika memasuki industri yang berbeda. 

Contohnya ketika sebuah perusahaan mencari kandidat yang memiliki keterampilan komunikasi yang bagus. Pekerjaan yang kamu lakukan sebelumnya membuat kamu telah mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga bisa lebih mudah membagikan informasi ke rekan kerja lainnya. Keterampilan tersebut bisa kamu terapkan di lingkungan kerja apapun. 

Keterampilan ini memiliki peran yang penting dan sangat dihargai karena mampu menunjukkan bahwa seseorang dapat berkontribusi dengan baik untuk perusahaan maupun organisasi dalam berbagai cara, bahkan ketika perusahaan sedang mengalami perubahan maupun berevolusi.

Keterampilan ini mampu menambah daya jual kamu sebagai kandidat terbaik dan membantu kamu berasimilasi dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Keterampilan ini juga dapat mendukung kamu untuk dapat mencapai kesuksesan dalam karier.

Contoh Transferable Skills

Keterampilan yang dimiliki seseorang bukannya hanya bisa didapatkan dengan menjalani pelajaran formal. Namun pelajaran moral yang kamu lalui dalam hidup mampu memberikan pengalaman yang mendalam dan mampu memberikan pelajaran hidup.

Seperti saat berorganisasi, kamu akan belajar bagaimana caranya bekerja sama, bertukar pikiran, berbagai opini dan lain sebagainya. Keterampilan teknis dan non teknis harus seimbang agar kamu bisa menghadapi berbagai tantangan dalam hidup dan pekerjaan. Untuk itu memiliki keterampilan dasar merupakan hal penting. Berikut beberapa contoh keterampilan yang termasuk dalam transferable skills.

  • Berpikir kritis: kapasitas seseorang untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah, memiliki kreativitas, refleksi diri dan penalaran logis.
  • Kerjasama dan keragaman: keahlian yang dimiliki untuk dapat secara efektif berkolaborasi dan memberikan empat kepada orang disekitar dari latar belakang yang beraneka ragam.
  • Komunikasi: keterampilan yang meliputi kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tulisan, membaca dan menulis.
  • Manajemen waktu: keterampilan untuk mengatur waktu yang dimiliki dengan efektif, sehingga tujuan yang telah ditetapkan bisa  tercapai.
  • Kefasihan dalam mencerna dan mendapatkan informasi: kemampuan untuk melakukan proses pencarian informasi dan melakukan evaluasi terhadap informasi yang didapatkan untuk dapat memenuhi kebutuhan tertentu.
  • Kefasihan digital: keahlian untuk dapat memahami serta menggunakan berbagai perangkat digital.
  • Etika dan tanggung jawab: kemampuan untuk dapat memiliki perilaku yang profesional dan mengaplikasi etika dalam bersikap dan saat membuat keputusan.

Baca juga: Jenis Copywriting: Media Pemasaran Melalui Tulisan

Saat ini dunia kerja jauh berbeda dan lebih kompetitif. Untuk itu kamu perlu meningkatkan kemampuan transferable skills secara optimal. Penting bagi kamu untuk mengenal diri sendiri dengan baik sehingga bisa mengetahui apa saja hal yang bisa ditawarkan untuk sebuah posisi. Mengasah keterampilan secara terus menerus mampu mendukung kamu untuk membangun kesuksesan di masa depan dan membangun pribadi yang semakin berkembang.