Halo, Teman-teman! Selamat merayakan kelulusan dan selamat datang di dunia perkuliahan. Tak terasa beberapa waktu lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mengumumkan hasil SBMPTN 2022. Jika kamu belum beruntung karena tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri impianmu, bukan berarti masa depan kamu terhambat ya. Jangan menunduk dan malu, tapi ayo angkat dagumu! Persiapkan masa depanmu dari sekarang karena kesuksesan datang dari banyak jalan. Nah, bagi kalian yang memilih atau berminat di jurusan manajemen wajib tahu stereotip jurusan favorit ini.

Pernah gak sih, kamu ditanya tentang jurusan perkuliahan? Biasanya sih ditanya oleh teman sebaya, Ibu/Bapak Guru, atau bahkan jadi topik terkini saat reuni keluarga. Pasti relate dong ya, “Kamu kuliah jurusan apa?” Terus kamu jawab dengan bangga, “Aku jurusan manajemen”. Ehhh.. alih-alih mendapat ucapan selamat, bisa jadi kamu justru mendapatkan tanggapan yang “udah senyumin aja biar cepat kelar” karena dibanding-bandingkan. Valid banget gak sih? 

Nah, artikel ini akan membahas tentang stereotip masyarakat pada jurusan manajemen. Kira-kira, bagaimana ya pandangan orang-orang terhadap jurusan manajemen? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Cara Masuk Jurusan Manajemen itu Gampang!

“Oh manajemen ya, itu mah masuknya gampang!” 

Heeeyy, tidak seperti itu ya teman-teman. Peluang masuk manajemen juga sama seperti jurusan yang lainnya, apalagi jurusan ini adalah salah satu jurusan favorit yang sudah dapat dipastikan saingan kalian bakal banyak banget!

Jadi, untuk masuk jurusan manajemen itu juga enggak segampang itu. Kalian tetap harus belajar dan mempersiapkan diri sedini mungkin serta jangan lupa berdoa! Karena usaha tanpa berdoa juga kurang pas ya.

Tips and trick untuk kalian yang mau masuk jurusan manajemen adalah melatih cara berpikir kritis dan belajar public speaking. Nantinya, di jurusan manajemen kalian akan sering melakukan presentasi maupun pitching di depan umum. Tapi, bukan berarti jurusan manajemen hanya untuk anak ekstrovert ya, anak introvert juga bisa!

Baca Juga : 8 Tips Cara Mendapatkan Beasiswa yang Tepat untuk Mengembangkan Potensi Diri

  1. Di Jurusan Manajemen Tidak Ada Matematika.

“Enak ya, jurusan manajemen kan enggak ada hitung-hitungannya.”

Pernyataan macam apa ini, Miska? Jangan salah, di jurusan manajemen juga ada hitung-hitungannya ya, Teman-teman. Ada mata kuliah matematika bisnis, analisis kuantitatif, ekonomi makro, ekonomi mikro, bahkan statistik. Jadi, jangan kira kamu dapat menghindar dari matematika di jurusan manajemen.

Tips and trick yang bisa kalian lakukan adalah selalu memperhatikan penjelasan dosen di kelas, mengerjakan soal-soal latihan, dan siapkan kalkulator sejak dini. Nantinya, kalkulator akan menjadi besti kalian. Tentunya, juga jangan sungkan untuk bertanya jika terdapat materi yang belum paham ya.

  1. Lulusan Manajemen Pasti Jadi Pengusaha.

“Setelah lulus pasti jadi pengusaha dong.”

Diaminkan saja, apalagi kalau jadi pengusaha sukses. Ini ¼ mitos, tetapi ¾ fakta. Memang benar jika lulusan manajemen dapat menjadi pengusaha, tetapi perlu diketahui bahwa lulusan manajemen juga bisa menjadi seorang eksekutif ataupun profesional. Lulusan manajemen dapat bekerja sebagai manajer, konsultan, marketer, bahkan recruiter. Jangan bingung tentang prospek jurusan manajemen, karena ada banyak banget!

Tips and trick yang bisa kalian lakukan adalah mengetahui passion dan minat kalian. Peminatan atau konsentrasi di jurusan manajemen dibagi menjadi beberapa peminatan, antara lain manajemen sumber daya manusia (MSDM), manajemen keuangan, manajemen operasi, manajemen pemasaran, dan lain-lain. Jadi, kenali passion dan minat kamu sedini mungkin agar dapat memaksimalkan potensi kemampuanmu dan meraih cita-cita yang kamu impikan.

Baca juga: Fungsi Manajamen

  1. Kuliah Jurusan Manajemen itu Mudah. 

“Ah kamu mah enak, manajemen kan enggak sesusah jurusanku.”

Kalau kamu mendapatkan tanggapan ini, disenyumin aja. Enggak ya, Guys. Ini ialah salah satu stereotip yang tidak sahih. Semua jurusan itu punya tantangan dan porsi kesulitannya masing-masing, termasuk manajemen. Mungkin bagi beberapa orang, manajemen adalah jurusan yang mudah. Tetapi bagi sebagian besar orang, manajemen adalah jurusan yang menantang.

  1. Anak Manajemen Jago Mengatur Pekerjaan dan Waktu.

Yesss… Ini salah satu stereotip yang cukup benar ya, Teman-teman. Sebagian besar anak manajemen itu jago untuk mengatur pekerjaan dan waktu. Seperti definisinya, menurut seorang ahli bernama Follett, manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Oleh karena itu, anak-anak manajemen memang harus bisa mengatur pekerjaan dan waktu. Tapi tenang aja, kalian enggak perlu merasa bingung karena kalian akan praktik secara langsung.

Tips and trick yang bisa kalian lakukan adalah mengikuti kepanitiaan (volunteer) ataupun bergabung organisasi. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kalian akan lebih belajar mengatur pekerjaan dan waktu kalian terhadap tugas perkuliahan. Selain itu, kegiatan tersebut juga dapat menambah relasi atau networking kalian yang tentunya akan berguna di masa depan.

  1. Jurusan Idaman Mertua.

Stereotip yang satu ini benar adanya ya hehe.. Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan masa depan yang cerah. Hal ini karena hampir setiap industri pasti memerlukan lulusan manajemen. Tapi sebenarnya enggak cuma jurusan manajemen aja kok yang jadi idaman mertua, melainkan semua jurusan ya teman-teman.

Jadi diantara stereotip di atas, stereotip yang mana nih yang sering kamu temui di masyarakat? Perlu diingat bahwa setiap manusia pasti memiliki jalannya masing-masing. Gagal di SBMPTN bukan akhir dari segalanya. Jangan insecure atau bahkan membandingkan dirimu dengan orang lain ya. Bandingkanlah dirimu yang sekarang dengan dirimu sendiri di masa lalu. 

Baca juga: Journey in Finding Your True Self with Tasya Juwita

Salah satu kampus terbaik di jurusan manajemen adalah PPM School of Management. PPM SoM merupakan salah satu sekolah pelopor manajemen di Indonesia sejak tahun 1967. Terdapat Program Studi Sarjana Manajemen Bisnis yang telah terakreditasi ‘A’ dari BAN PT sejak tahun 1993 dan terakreditasi Internasional ABEST21 sejak tahun 2016. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi kontak admisi S1 di bawah ini ya. Tetap semangat, Teman-teman!