Saat ini, prospek kerja akuntansi sudah sangat menjanjikan dengan kisaran gaji yang juga menggiurkan. Mungkin, kamu sering bertanya-tanya jurusan akuntansi kerja apa? Kira-kira kuliah akuntansi kerja apa saja ya nantinya? Pertanyaan tersebut pasti sering terbesit bagi sebagian orang terutama kaum fresh graduates.

Berbicara soal kuliah, kamu tak perlu bingung lagi menentukan fakultas kuliah dengan prospek kerja bergaji tinggi nantinya. PPM School adalah solusi institusi pendidikan terbaik untuk jurusan akuntansi. 

Selain itu, akreditasi dan sistem pembelajaran di PPM School juga berstandar tinggi sehingga akan membuka peluang kerja akuntansi yang cemerlang.

Peluang Kerja Akuntansi yang Menjanjikan di PPM School

Tahukah kamu? Jurusan akuntansi ternyata saat ini menjadi incaran banyak perusahaan besar, lho. Dan kini, PPM School kini telah menyediakan program studi akuntansi yang siap mencetak lulusan berkualitas. Beberapa keuntungan jika kamu memilih PPM School sebagai kampus idaman antara lain:

  • Kurikulum yang berbasis IFRS atau International Financial Reporting Standard. Jadi, kamu yang sering bertanya kuliah akuntansi kerja apa, ini adalah solusinya. Kurikulum IFRS ini sangat menjanjikan dan memudahkan kamu untuk berkarir di berbagai negara.
  • Sertifikasi profesi yang jelas. Tahukah kamu? Saat ini, untuk mendapatkan posisi kerja perusahaan biasanya akan mempertanyakan sebuah sertifikasi profesi atau keterampilan sebagai bahan pertimbangan. Di PPM School, lulusan institusi ini akan mendapatkan sertifikat dengan standar yang tinggi. 

Baca juga: Unsur Manajemen: Pengertian dan Contoh

Prospek Kerja Akuntansi dengan Gaji Menggiurkan

Jurusan akuntansi kerja apa nantinya? Jika kamu masih bingung tentang peluang kerja akuntansi, ini dia beberapa posisi pekerjaan yang mungkin bisa membuat kamu tertarik untuk menekuni bidang ini:

1. Manajer Akuntansi

Tugas seorang manajer akuntansi adalah mengelola dan mengawasi divisi akuntansi dan semua bidang yang berhubungan dengan keuangan. Selain itu, kamu juga akan memelihara dasar akuntansi lalu mengembangkannya dalam berbagai praktik terbaik, menganalisis, dan melaporkan informasi terkait keuangan.

Posisi ini juga harus memiliki pemahaman kuat tentang beragam prinsip akuntansi yang akan diterima secara umum. Pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan bagi kamu lulusan akuntansi dengan kisaran gaji Rp8.000.000 sampai dengan Rp15.000.000 per bulan.

Namun, untuk bisa mendapatkan posisi pekerjaan ini dalam sebuah perusahaan, kamu harus mempunyai skill mumpuni serta pengalaman kerja yang cukup dan relevan dengan bidang keuangan.

2. Internal Auditor

Untuk menjawab pertanyaan tentang kuliah akuntansi kerja apa? Ini dia salah satu jawaban posisi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan tersebut yaitu internal auditor

Perusahaan dalam bidang apapun, pasti sangat membutuhkan peran seorang internal auditor untuk memastikan laporan keuangan perusahaan sesuai dengan realisasinya. Selain itu, internal auditor harus dapat memastikan seluruh divisi telah melakukan usaha paling efisien supaya tidak terjadi penyimpangan hasil keuangan.

Kisaran gaji seorang internal auditor ini juga sangat menggiurkan dengan peluang yang baik di masa depan. Berada di angka Rp5.000.000 sampai Rp7.000.000 per bulan, posisi internal auditor ini bisa kamu coba ketika sudah lulus kuliah nanti.

3. Financial Analyst

Selanjutnya, prospek kerja akuntansi yang ketiga adalah posisi financial analyst atau pengamat keuangan. Financial analyst ini bertugas mengamati dan menganalisa stabilitas dan profitabilitas suatu usaha, sub usaha, atau sebuah proyek. 

Analis keuangan ini akan menyajikan sebuah laporan rasio kepada pimpinan perusahaan yang kemudian menjadi acuan guna mengambil kebijakan perusahaan. 

Selain itu, analis keuangan juga akan melakukan pembelian bahan baku guna proses produksi, melakukan pembelian mesin-mesin produksi, dan negosiasi pinjaman bank untuk meningkatkan modal kerja.

Bahkan analis keuangan juga berperan mengambil keputusan yang memungkinkan divisi kerja melakukan pilihan tepat terhadap alternatif yang ada dalam proses perkembangan perusahaan. Kisaran gaji posisi analis keuangan ini berada di angka Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000 per bulan.

4. Akuntan Publik

Peluang kerja akuntansi selanjutnya adalah posisi kerja sebagai akuntan publik. Seorang akuntan publik mampu bekerja dalam sebuah perusahaan maupun secara individual. Tugasnya sendiri antara lain mulai dari menyiapkan serta menganalisa laporan dan dokumen terkait keuangan.

Selain itu, profesi ini juga dituntut untuk memahami suatu regulasi perpajakan dengan efisien, serta mengikuti perkembangan terbaru terhadap sebuah regulasi perpajakan. Bahkan, akuntan publik ini sendiri juga harus memperbaharui dokumen keuangan termasuk pencatatan data di dalamnya.

Untuk kisaran gaji dari seorang akuntan publik, biasanya ada pada angka Rp7.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 per bulan. Namun, hal ini tergantung pada kebijakan dan tipe pekerjaannya, apakah bekerja sebagai perseorangan atau menjadi seorang staf dalam sebuah perusahaan.

5. Account Officer

Account Officer (AO), bertugas memasarkan produk perusahaan kepada para calon konsumen yang memiliki potensi. Kemudian, AO ini akan melakukan monitoring pembiayaan agar konsumen yang bersangkutan dapat memenuhi kewajiban pembayarannya terhadap perusahaan.

Selain itu, account officer juga mengemban tanggung jawab untuk menjalin hubungan baik dengan para konsumen. Tak hanya itu, AO juga berperan sebagai petugas, maupun orang yang menangani segala permasalahan yang tengah dikeluhkan oleh konsumen. 

Untuk kisaran gaji posisi AO ini adalah berkisar Rp5.000.000 sampai dengan Rp6.000.000 per bulan.

6. Certified Public Accountants (CPA)

Karir seorang dengan posisi CPA merupakan salah satu posisi prospek kerja akuntansi dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat. Seorang CPA, memiliki tugas melakukan audit serta menganalisa keuangan, memberikan petunjuk kebijakan keuangan, dan melaporkan konsekuensi pajak terhadap sebuah perusahaan.  

Namun, sebelum mendapatkan profesi ini, kamu perlu lulus dalam ujian sertifikasi  CPA. Setelah mempunyai kualifikasi tersebut, kamu bisa mulai mengisi posisi tersebut dan mendapat bayaran dengan kisaran Rp10.000.000 sampai Rp15.000.000 per tahun. 

Selain itu, jika ingin mendapat bayaran lebih, kamu perlu menambah gelar MBA atau S2 akuntansi agar bisa meningkatkan kisaran gaji sekitar 18%.

7. Akuntan Pemerintah

Posisi pekerjaan selanjutnya yang juga cukup menjanjikan dari jurusan keuangan ini adalah profesi akuntan pemerintah. Pada umumnya, pekerjaan yang akan kamu emban ketika kamu menekuni profesi akuntan pemerintah ini adalah melakukan pekerjaan akuntansi terkait keuangan dan ekonomi di lembaga pemerintahan.

Namun, benefit penting yang akan kamu dapatkan tentu saja adalah status pekerjaan sebagai karyawan tetap, dan berbagai keuntungan lain selama menjadi pegawai negeri sipil. Selain itu, kisaran gaji posisi akuntan pemerintah ini adalah kisaran angka Rp6.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 per bulan.

Kisaran gaji tersebut tentunya belum termasuk bonus dan tunjangan dinas lainnya yang bakal kamu dapat sebagai seorang pegawai akuntan pemerintah.

Baca juga: Profesi Akuntan: Pengertian dan Keahlian

Sudah Tahu Prospek Kerja Akuntansi?

Itu dia jawaban dari pertanyaan “jurusan akuntansi kerja apa?”. Bagaimana, setelah melihat prospek kerja akuntansi dengan gaji yang menggiurkan, tentu kamu tertarik untuk menekuni ilmu keuangan ini.

Selain itu, bagi kamu lulusan SMA atau SMK yang mau mempunyai peluang kerja akuntansi yang cemerlang, ayo daftar di PPM School dan dapatkan potensi pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan. Semoga sukses!

Daftar sekarang di PPM School of Management dan wujudkan cita-citamu menjadi sarjana akuntansi! PPM School adalah institusi pendidikan terbaik dengan kurikulum berbasis IFRS, memberikan peluang kerja akuntansi yang cemerlang. Dapatkan sertifikasi profesi dengan standar tinggi sebagai lulusan PPM School. Bergabunglah sekarang dan raih kesuksesan karier dalam bidang akuntansi dengan gaji menggiurkan!