Magister Manajemen Wijawiyata Manajemen (WM MM) Entrepreneurship
Program MM – Wijawiyata Manajemen Entrepreneurship (WM Entre) adalah Program Pascasarjana PPM School of Management dengan gelar Magister Manajemen bagi para sarjana baru (fresh graduates). Penyusunan Program WM disesuaikan dengan karakteristik sarjana baru yang muda, dinamis, dan selalu menggali potensi diri untuk berkembang.
VISI & MISI
Visi Program Studi Magister Manajemen PPM School
“Pada tahun 2028 menjadi program magister manajemen yang unggul dalam menghasilkan pemimpin transformatif yang mampu menjawab tantangan global dengan semangat Pancasila.”
Misi Program Studi Magister Manajemen PPM School
- Mengembangkan pemimpin transformatif melalui penyelenggaraan pembelajaran yang relevan dilengkapi dengan konsep yang teruji, aplikatif, dan berbasis kearifan lokal.
- Menghasilkan karya inovasi yang mampu menjawab tantangan global melalui penelitian, penciptaan, dan validasi pengetahuan yang relevan dan teruji.
- Meningkatkan dampak sosial dan keberlanjutan pada entitas bisnis dan masyarakat melalui kolaborasi dan sinergi yang memanfaatkan inovasi dengan para pemangku kepentingan.
SASARAN PEMBELAJARAN
Untuk menghasilkan Magister Manajemen (lulusan) yang mampu memelopori, memimpin, dan mengelola perubahan melalui pengembangan pengetahuan dan praktek profesional di bidang manajemen menggunakan pendekatan inter atau multidisipliner secara terintegrasi, berdasarkan kajian yang inovatif, teruji, diakui secara nasional dan internasional, dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai moral serta etika bisnis.
SASARAN PROGRAM MM WM ENTREPRENEURSHIP:
- Mengasah kemampuan berpikir konseptual khususnya dalam bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan;
- Mengembangkan kemampuan dalam menciptakan ide bisnis berbasis masalah yang ada di masyarakat;
- Mengeksekusi ide bisnis dengan menerapkan manajemen bisnis dan kewirausahaan dengan pendampingan yang intensif; serta
- Mengasah kemampuan dalam menyusun strategi pengembangan bisnis mengikuti dinamika perubahan.
KEUNGGULAN PROGRAM MM WM ENTREPRENEURSHIP
- Metode Belajar
Presentasi, diskusi kelompok, pembahasan kasus, simulasi bisnis, kunjungan perusahaan, berbagi ilmu dengan praktisi (guest lecturer), kerja praktik - Jaringan Luas
Memiliki jaringan kerjasama bisnis yang luas baik dengan perusahaan dan juga alumni yang berkarya di berbagai bidang. Serta secara reguler, peserta diikutsertakan dalam mengikuti event/expo untuk pembangunan jejaring bisnis. - Kurikulum
Kurikulum berdasarkan hasil riset terhadap stakeholders dan hasil konsultasi berbagai organisasi di Indonesia – conceptual-based best practices serta diskusi kasus terapan lokal dan internasional - Workshop with Practitioners
- Workshop Pendahuluan
(Tujuan: mendapat gambaran umum mengenai penyusunan proposal/business plan) - Workshop Lanjutan
(Tujuan: memperlengkapi tenant dengan pengetahuan mengenai administrasi bisnis dan penguatan usaha)
- Workshop Pendahuluan
- Business Coaching Clinic
- Pendampingan Penyusunan Proposal Bisnis (3 bulan)
- Pendampingan Inkubasi (6 bulan)
- Pendampingan oleh Praktisi & Dosen
- Shared Office: Co-Working Space & Ruang meeting khusus (Pra Inkubasi & Inkubasi)
- Grant, peserta dengan ‘Best business plan’ akan diberikan grant
- Business Competition
Peserta WM didukung penuh untuk mengikuti kompetisi manajemen untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan dan mengasah intuisi bisnis yang nyata.
KURIKULUM PROGRAM MM WM ENTREPRENEURSHIP
MATA KULIAH | SKS | MATA KULIAH | SKS |
SEMESTER 1 | SEMESTER 2 | ||
Akuntansi Keuangan dan Manajerial | 0 (1) | Manajemen Keuangan | 2 |
Statistik Aplikasi | 0 (1) | Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi | 2 |
Perilaku Organisasi | 2 | Manajemen Pemasaran | 2 |
Seni Berpikir dalam Bisnis | 3 | Manajemen Operasi | 2 |
Pengembangan Kepemimpinan | 2 | Manajemen Strategis | 2 |
Etika Bisnis | 2 | Manajemen Transformasi | 2 |
SEMESTER 3 | SEMESTER 4 | ||
Metodologi Penelitian | 3 | Publikasi Ilmiah | 1 |
Mata kuliah Elektif 1 | 2 | Praktik Manajemen | 2 |
Mata kuliah Elektif 2 | 2 | Tesis | 3 |
Mata kuliah Elektif 3 | 2 | ||
Mata kuliah Elektif 4 | 2 | ||
KONSENTRASI/ELEKTIF | |||
MANAJEMEN KEUANGAN | MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA | ||
Valuasi Perusahaan | 2 | Pengembangan Sumber Daya Manusia | 2 |
Manajemen Investasi | 2 | Manajemen Kinerja | 2 |
Manajemen Keuangan Internasional | 2 | Organizational Development | 2 |
Manajemen Risiko Korporat Terintegrasi | 2 | Manajemen Talenta | 2 |
MANAJEMEN PEMASARAN | MANAJEMEN OPERASI | ||
Manajemen Pemasaran Stratejik | 2 | Manajemen Rantai Pasokan | 2 |
Perilaku Konsumen | 2 | Manajemen Proyek | 2 |
Pemasaran Digital | 2 | Manajemen Operasi Jasa | 2 |
New Product Development Management | 2 | Pemodelan Proses Bisnis | 2 |
ENTREPRENEURSHIP | |||
Building New Venture | 2 | Pemasaran Digital | 2 |
Product Design and Development | 2 | Kewirausahaan Sosial | 2 |
Setelah menyelesaikan studi di Program MM WM Entrepreneurship, peserta diharapkan:
- Memiliki keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam bidang manajemen bisnis dan kewirausahaan;
- Memiliki keterampilan manajemen fungsional yang mendalam;
- Memiliki keterampilan bekerja berdasarkan ilmu manajemen global mutakhir dengan adaptasi praktik bisnis lokal dan dilandasi dengan nilai-nilai etika bisnis;
- Memiliki percaya diri, kemampuan membina hubungan, kemampuan memimpin kelompok, serta memiliki keinginan dan kemampuan untuk terus berkembang
- Memiliki kepekaan sosial yang tinggi.