Jurusan manajemen adalah salah satu jurusan yang terkenal dan banyak dibuka oleh universitas ternama. Namun, sebenarnya kuliah manajemen susah gak ya? Apa yang dipelajari di sana? Lalu, apakah jurusan manajemen susah cari kerja? 

Pertanyaan-pertanyaan ini sering diutarakan bagi lulusan SMA yang akan memilih jurusan kuliah. Pada umumnya, manajemen mempelajari tentang bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. 

Kuliah di jurusan ini seperti halnya menjadi peran sebagai pemimpin dari perusahaan. Bisa juga menjadi konsultan bisnis yang dihadapkan pada situasi dimana harus mengambil keputusan penting. Gunakan teori yang sudah dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. 

Kuliah Manajemen Susah Gak? Simak Faktanya 

Untuk mengetahui apakah jurusan manajemen susah? Terlebih dahulu perlu mengetahui berbagai fakta lengkap berikut. 

1. Bisa Menjadi Entrepreneur 

Bagi yang ingin bercita-cita membuka lapangan pekerjaan sendiri, maka jurusan manajemen ini cocok untuk dipilih. Ada banyak cabang ilmu yang diajarkan berkenaan dengan bisnis. 

Dengan demikian, ini akan membuat Anda terampil untuk menentukan strategi apa yang cocok untuk menjalankan bisnis Anda. 

Apakah jurusan manajemen susah? Mempelajari berbagai metode bisnis tentu membutuhkan effort yang lebih tinggi. Ada banyak teori yang harus diketahui. Padahal, saat berada di dunia kerja, penerapannya tentu tidak semudah itu. 

Hal inilah yang terkadang menjadi kesulitan bagi sebagian orang yang kuliah di jurusan ini. Ketika ujian seringkali diberikan contoh kasus yang berkaitan dengan bisnis. 

Kemudian, mahasiswa harus berpikir keras bagaimana cara mengatasi masalah tersebut menggunakan teori yang ada. 

2. Siap Menjadi Apa Saja 

Jurusan manajemen memiliki keilmuan yang luas terkait dengan pengelolaan sehingga ada kesempatan untuk menjadi manajer atau pimpinan perusahaan. Mereka sudah terbiasa dengan permasalahan perusahaan sehingga ketika bisa menjalankan perusahaan dengan baik. 

Namun, semua itu kembali lagi kepada mahasiswanya. Jika tidak belajar serius tentu tidak memiliki kemampuan maksimal di dunia kerja.

3. Harus Jago Hitungan  

Apakah jurusan manajemen banyak menghitung? Harapan dari lulusan jurusan ini yaitu menjadi manajer atau entrepreneur. Nah, oleh sebab itu, dibutuhkan skill menghitung yang baik agar mampu meminimalkan risiko kerugian perusahaan. 

Terutama bagi yang memilih manajemen keuangan dan manajemen perbankan. Kedua peminatan ini membutuhkan keilmuan dalam menghitung. Ada pula rumus sampai software perhitungan yang perlu Anda gunakan dengan baik. 

Oleh sebab itu, apakah jurusan manajemen banyak menghitung? Jawabannya adalah iya. Jadi, harus yang pintar berhitung untuk masuk jurusan ini. Bahkan keseharian dari anak manajemen sangat akrab dengan kalkulator. 

Baca juga: Bidang Manajemen: Penjelasan dan Contoh

4. Sulit Mendapatkan Pekerjaan Manajer 

Jurusan manajemen susah cari kerja? Ini yang banyak dikhawatirkan oleh mahasiswanya. Meskipun diharapkan untuk menjadi pemimpin atau manajer, pada kenyataannya sulit untuk direalisasikan. 

Pekerjaan spesialisasi yang diinginkan dengan masuk jurusan manajemen perlu mengalami pertimbangan. Tidak semua lulusan akan menjadi manajer setelah kuliah manajemen. Ada faktor lain yang mempengaruhinya. 

Setelah lulus manajemen, Anda tidak langsung jadi manajer. Tidak ada sertifikasinya juga. Jadi, awalnya, lulusan manajemen ini akan memulai karir menjadi pegawai atau staf barulah jika memenuhi kualifikasi dan berpengalaman akan diangkat menjadi manajer. 

5. Ilmu yang Dipelajari Tidak Terlalu Rumit 

Kuliah manajemen susah gak dari keilmuannya? Sebenarnya materi kuliahnya adalah termasuk dalam ilmu sosial sehingga tidak terlalu rumit dan bisa dipelajari. Meskipun begitu, ada pula analisis yang membutuhkan pemikiran mendalam. 

Untuk dipraktekkan di dunia nyata sebenarnya hal yang luas karena perusahaan memiliki aturan dan cara sendiri dalam berbisnis sehingga tidak perlu terlalu berpatokan dengan salah satu teori di manajemen. 

6. Saingan Banyak 

Siapa bilang jurusan manajemen susah cari kerja? Meski sulit mendapatkan profesi sebagai manajer, tetapi banyak prospek kerja lain yang banyak mencari jurusan manajemen. Contohnya seperti sales dan marketing, konsultan, sampai dengan staf perkantoran. 

Namun, saat ini sulit semakin sulit untuk bersaing dengan jurusan lainnya yang juga mengincar posisi tersebut. Oleh sebab itu, apakah jurusan manajeman susah gak tergantung dari tiap individunya. 

Untuk menghilangkan paradigma jurusan manajemen susah cari kerja, diperlukan kerja keras saat mulai memasuki bangku kuliah. Kalian harus menonjol dari segi IPK serta persaingan dunia kerja. 

Anda perlu memiliki nilai yang ditawarkan kepada perusahaan. Contohnya belajar berbisnis dari kuliah sehingga ini menjadi nilai plus tersendiri. Pengalaman kerja ini akan membantu Anda untuk melamar pekerjaan setelah lulus. 

Cara lainnya yaitu bersaing dengan mengikuti sertifikasi atau pelatihan. Contohnya jika ingin melamar pekerjaan di bagian keuangan, maka ikutilah sertifikasi Brevet A atau B. Dengan semua cara tersebut setidaknya dapat memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. 

7. Aktif Organisasi 

Mahasiswa manajemen umumnya aktif berorganisasi karena mereka bisa mengimplementasikan keilmuannya dalam organisasi tersebut. Tak jarang, banyak jurusan ini yang terpilih menjadi bagian penting organisasi seperti ketua, tim acara, sampai dana usaha. 

Selain itu, mahasiswa manajemen umumnya ramah dan supel dalam bergaul sehingga ini menjadi kelebihan tersendiri untuk kuliah disini. Jadi, apakah jurusan manajemen susah? 

Terkadang iya dan tidak karena memiliki kemudahan dan keunggulan tersendiri. Terutama dalam mengembangkan soft skillnya. 

8. Pandai Mengatur Waktu 

Kuliah manajemen susah gak? Faktanya, menjadi mahasiswa manajemen membuat Anda pandai untuk mengelola waktu dengan baik. Secara tidak sadar, Anda bisa memanajemen diri sendiri dengan mulai mengatur waktu. 

Setiap pekerjaan akan diselesaikan dengan baik karena mereka menerapkan keilmuannya untuk pribadi. Dengan demikian, banyak orang manajemen yang bisa mengatur waktunya dengan baik meskipun banyak kegiatan baik organisasi atau proyek tugasnya. 

9. Teliti Masalah Keuangan 

Banyak mahasiswa manajemen yang dianggap pelit. Nyatanya, mereka teliti dalam melakukan keuangan. Seperti yang diketahui sebelumnya, anak manajemen jago berhitung. Mata kuliah yang diajarkan juga tidak terlepas dari hitung-hitungan. 

Oleh sebab itu, mereka lebih pintar mengelola keuangan dan teliti untuk hal remeh bahkan uang receh sekalipun. 

Hal tersebut sebenarnya memiliki dampak positif bagi hidupnya meski terkadang dipandang sebagai orang yang pelit.

Lihat juga: Apa yang Dipelajari di Jurusan Manajemen, Yuk Simak 

10. Banyak Peminat  

Jurusan manajemen lebih disukai oleh banyak orang terutama orang tua. Dapat dilihat di setiap tahunnya banyak pendaftar yang ingin masuk jurusan ini. Alasannya karena jurusannya memang memiliki prospek kerja yang bagus. 

Kesimpulan 

Jadi, kuliah manajemen susah gak? Dapat disimpulkan bahwa jurusan ini susah dan gampang. Anda perlu menyiasatinya dan merencanakan strategi terbaik untuk unggul di bidang manajemen. Jurusan manajemen susah cari kerja manajer tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin.