Saat lulus SMA, mungkin kamu akan bingung ingin memilih jurusan apa untuk kuliah. Jika bercita-cita ingin menjadi seorang akuntan dan ingin masuk ke jurusan akuntansipasti kamu masih bingung sebenarnya jurusan akuntansi kerja apa aja sih?

PPM School of Management merupakan sekolah tinggi manajemen yang menyediakan Program Sarjana Akuntansi Bisnis (SAB). Dengan melanjutkan sekolah di program ini kamu bisa mempelajari berbagai hal yang akan mendukung cita-cita menjadi seorang akuntan yang handal, tangguh, memiliki jiwa entrepreneur, dan siap untuk kerja.

Daftar Pekerjaan Lulusan Jurusan Akuntansi Bisnis

PPM School of Management merupakan pelopor program pendidikan manajemen di Indonesia yang memiliki akreditasi unggul dan telah berhasil meraih berbagai penghargaan di dalam maupun luar negeri. Sistem belajar yang diterapkan mengikuti perkembangan bisnis masa kini dan mampu membantu kamu mempersiapkan karier yang cemerlang. Berikut beberapa jenis pekeraan atau profesi yang bisa dipilih setelah lulus dalam Program Sarjana Akuntansi Bisnis.

Konsultan Bisnis

Sebagai lulusan akuntansi bisnis kalian bisa mempertimbangkan profesi konsultan bisnis sebagai pilihan pekerjaan untuk kamu geluti. Sebagai konsultan bisnis, kamu dapat menawarkan jasa konsultasi pada bisnis tertentu serta memberikan saran terkait dengan permasalahan yang mengancam suatu bisnis.

Wirausaha

Mempelajari  pengetahuan terkait keuangan dan bisnis dapat menjadikan wirausaha sebagai pilihan profesi. Untuk menekuni profesi ini, kamu harus meningkatkan pengetahuan, ketelitian, dan keuangan di bidang bisnis. Pada akhirnya, impian untuk menjadi seorang pimpinan di perusahaan sendiri tidak menjadi hal yang mustahil lagi namun dapat dicapai.

Perencana Keuangan

Salah satu profesi yang dapat digeluti sebagai lulusan sarjana akuntansi bisnis adalah perencana keuangan atau financial planner, profesi ini bertugas untuk menyusun perencanaan keuangan perusahaan atau para klien. Hal ini perlu dilakukan seiring dengan perkembangan perekonomian yang didukung peningkatan kesadaran akan pentingnya perencanaan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Accounting Manager

Apakah bisa seseorang dari lulusan akuntansi bisnis menjadi manajer? Tentu bisa, profesi Accounting Manajer bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai dunia akuntansi dan bisnis. Accounting Manager adalah kepala bagian dari bagian akuntansi sebuah perusahaan  yang memiliki tugas untuk mengawasi para akuntan dan departemen lain untuk memastikan keuangan suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik. 

Auditor 

Seorang auditor memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Auditor bertugas untuk memeriksa dan mengawasi laporan keuangan dari sebuah perusahaan. Selain itu, auditor juga harus memastikan akurasi keuangan dari perusahaan serta perlu mengetahui langkah yang tepat untuk melakukan mitigasi risiko keuangan perusahaan.

Konsultan pajak

Pilihan karier lainnya adalah profesi konsultan pajak, profesi ini akan membantu dalam perencanaan finansial, penyusunan strategi dan pengambilan keputusan yang tepat berhubungan dalam persoalan perpajakan. Selain itu, kamu juga memiliki kewajiban untuk memastikan klien telah memenuhi kewajiban untuk membayar pajak serta menaati hukum yang berlaku.

Credit Analyst

Pilihan pekerjaan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka menganalisis keuangan, profesi ini adalah  credit analyst atau analis kredit. Profesi yang satu ini telah menjadi incaran para perusahaan penyedia pinjaman online untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Profesi credit analyst akan membantu untuk menganalisis keuangan calon dari nasabah yang akan mengajukan pinjaman. 

Financial Analyst

Secara singkat, sebagai seorang financial analyst akan bertugas untuk memeriksa data keuangan dari perusahaan dan menggunakan data perusahaan untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Profesi ini memiliki kedudukan yang penting dalam hal mengembangkan perusahaan, sehingga pasti dibutuhkan oleh banyak bisnis. 

Akuntan

Lulusan sarjana akuntansi bisnis pasti memiliki kompetensi di bidang akuntan. Pengetahuan dan ilmu yang didapatkan dari perkuliahan bisa menjadi pondasi untuk menggeluti bidang profesi akuntan baik akuntan publik ataupun akuntan privat. Tugas sebagai seorang akuntan yaitu melakukan audit umum untuk laporan keuangan  hingga mengurusi  konsultasi kebijakan keuangan dari suatu perusahaan.

Dengan mengetahui jenis profesi yang bisa dipilih saat lulus nanti, kamu tidak perlu lagi bingung jurusan akuntansi kerja apa dan bisa melangkah dan membangun karier. PPM School of Management dapat menjadi pilihan kamu untuk menekuni bidang akuntansi bisnis secara lebih mendalam sehingga kamu bisa meraih pekerjaan yang telah menjadi impianmu.

Kesimpulan

Dengan memilih jurusan akuntansi bisnis di PPM School of Management, kamu telah membuka peluang untuk mengejar berbagai jenis pekerjaan menarik setelah lulus. Kamu dapat menjadi konsultan bisnis, membantu bisnis lain berkembang dengan saran dan konsultasi yang berharga. Atau, menjadi seorang wirausaha dengan memanfaatkan pengetahuan bisnis dan keuangan yang kamu peroleh untuk membangun perusahaan sendiri. Sebagai perencana keuangan, kamu dapat menyusun strategi keuangan yang cerdas dan membantu perusahaan atau klien mencapai tujuan finansialnya.

Sementara itu, sebagai seorang akuntan, kamu memiliki beragam kesempatan, mulai dari mengawasi keuangan perusahaan sebagai Accounting Manager hingga memeriksa laporan keuangan sebagai seorang auditor. Tidak hanya itu, profesi lain yang menarik seperti konsultan pajak, credit analyst, dan financial analyst juga dapat kamu geluti.

Jadi, dengan mengambil Program Sarjana Akuntansi Bisnis di PPM School of Management, kamu telah mengambil langkah tepat untuk membangun karier yang cemerlang di dunia akuntansi dan bisnis. Peluang pekerjaan yang luas dan kesempatan berkembang dalam berbagai bidang akan membantu kamu mencapai impian menjadi seorang akuntan yang handal, tangguh, dan berjiwa entrepreneur. Yuk, tebarkan bakat dan potensimu, dan jadilah akuntan yang sukses di masa depan!