Semarak Budaya Nusantara di Kampus PPM

Semarak Budaya Nusantara di Kampus PPM

 

Pada hari Jumat (19/01), puluhan mahasiswa PPM School of Management gegap gempita dalam balutan busana tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia. Mereka berpakaian khas suku tradisional dalam rangka “Festival Budaya Nusantara 2018” yang menjadi bagian dari Ujian AKhir Semester mata kuliah Apresiasi Seni dan Budaya. Menurut Dwi Putra, salah satu tim dosen pengajar, mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa cinta budaya bangsa bagi generasi millenials saat ini.

“Kegiatan ini merupakan upaya PPM School of Management dalam meningkatkan kepedulian anak muda terhadap budaya bangsa. Menariknya, tidak hanya mahasiswa yang menggunakan pakaian daerah, tim dosen pun juga tampil dengan budaya khas daerah sendiri” ujar Dwi sambil menunjukkan Ikat kepala khas Sunda yang ia gunakan.

 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester pertama PPM yang terdiri dari sembilan kelompok dengan sembilan budaya yang berbeda-beda. Ada yang mengangkat budaya Dayak Kenyah, Papua, Nias, Jogjakarta, Banyuwangi, Palembang, Bali, Betawi, dan juga Batak. Setiap kelompok menampilkan satu performing arts berbentuk tari, drama, maupun ritual khas daerah setempat. Selain itu, mereka juga diminta untuk membuat booth pameran yang menampilkan hasil karya seni daerah setempat seperti kain tenun, batik, pakaian tradisional, hingga beragam makanan dan camilan khas masing-masing daerah.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun bagi seluruh mahasiswa baru. Tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan Festival Budaya Nusantara di kampus PPM. Diharapkan, ke depan pelaksanaan festival ini akan lebih meriah dan juga lebih menumbuhkan semangat kecintaan pada seni dan budaya bangsa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.